Jumat, 01 Agustus 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Saklar Sentuh Sederhana


Skema/rangkaian Saklar Sentuh Sederhana tersebut bekerja untuk menggerakakan relay (RL1), yg dapat kita pakai untuk memutus & menghubungkan arus listrik. Bila kita hendak mecoba merakit saklar tersebut tidaklah terlampau rumit lantaran komponen-komponennya banyak di jual dipasaran. Rangkaiannya pun benar-benar simpel Memakai IC 555 sbg input sentuhan guna mendorong relay bekerja.
JF1 & JF2 yaitu logam yg dapat kita design berbentuk wujud apapun yg kita kehendaki, logam tersebut nanti bekerja sbg kontak sentuhan lembut untuk menggerakkan saklar. Logam JF1 & JF2 dipasang janganlah terlampau jauh dari skema/rangkaian, & dlm keadaan bersih hingga skema/rangkaian dapat bekerja dngn bagus.
JF1 bila disentuh bakal menggerakkan Relay dlm keadaan ON & JF2 bakal melepas relay dlm keadaan OFF. Led D2 sbg control & bakal menyala bila saklar dlm konisi ON.
Daftar Komponen Saklar Sentuh :
R1-2 memiliki tipe atau berukuran 3. 3M
R4 memiliki tipe atau berukuran 1K
R3 memiliki tipe atau berukuran 10K
D1 memiliki tipe atau berukuran 1N4148
RL1 memiliki tipe atau berukuran 12V Relay
D2 memiliki tipe atau berukuran Red LED
JF1-2 memiliki tipe atau berukuran Plat logam
Q1 memiliki tipe atau berukuran BC547
C1 memiliki tipe atau berukuran  10nF
IC1 memiliki tipe atau berukuran  555
Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil.....

Tidak ada komentar: