Minggu, 10 Agustus 2014

Exciter Pemancar 1 Watt


Bidang elektronika memang selalu menarik baik dikalangan usia muda ataupun usia tua. Betapa tidak? coba kita lihat disekeliling kita, begitu banyaknya perangkat elektronik yang kita gunakan. Bahkan saat anda membaca uraian inipun anda sedang bertatap muka dengan perangkat elektronik baik komputer dekstop ataupun laptop.
Bidang elektronika memang sangat luas sekali, hampir disemua bidang bisa kita temukan .. salahsatunya dalam dunia komunikasi .. wuiihh .. benar benar menyenangkan..
asyiknya bercuap cuap tanpa pula dengan teman kita sendiri .. oh menyenangkan ...
Dulu saya sering membuat alat telekomunikasi menggunakan gelombang radio pada frekuensi FM ..
watu pertamakali .. kira2 tahun 2003 lah ya .. waktu itu saya dikenalkan tetangga saya dengan orang yang bisa membuatkan pemancar FM. namanya pendel (nama samaran) haha .. kayak buron saja disamarkan  :D
Waktu itu bermodalkan pcb ronica 5w pemancar mini dengan cara diambil OSC nya kemudian diberikan buffer sampai transistor 2sc1970 saja .. maklum anak SMA ndak punya uang jajan lebih .. dl saja 1 minggu cuma dikasih 20rb kok .. buat beli bensin untuk 1inggu cuma sisa 5rb .. ya klo laper ya buat jajan lah..
Waktu itu harga transistor masih murah ... murah?? ya .. murah kayak beli kacang .. haha .. murah. Harga 2sc1971 saja cuma 9rb .. eh sekarang 100rb ..
Jaman itu masih menggunakan radio canal 87.5Mhz ke atas .. alias belum bisa make canal 87.5Mhz kebawah .. maklum blm tau sih..
Jalurnya susah minta ampun.. untuk terhubung dengan orang yang jaraknya -/+ 10km saja ndak bisa2 .. hooo.. bikin jengkel ..
setelah itu saya mengundurkan diri dari dunia brik2an  ..  bebeh lah ..
selang beberapa tahun .. eh kemajuan nih .. munculah reapiter2 yang memudahkan kita berkomunikasi ..
penggunaan chanalpun sudah di bawah 87.5Mhz .. jadi tidak bertumpukan dengan radio radio resmi ..
Saya mulai lagi deh merakit pemancar untuk berkomunikasi ..
eksperimen eksperimen .. dan menggunakan Exciter dengan rangkaian seperti dibawah ini
yahh .. cuma sampai 2sc1970 karena harga 2sc1971 sudah cukup mahal
rangkaian ini saya rasa cukup handal dan mampu mengeluarkan daya pancar sekitar 2 Watt .. lumayan kan??
karena dengan daya pancar yang minim .. tentunya teman-teman yang lain mengunakan Pemancar berdaya besar .. akhirnya puter otak dikit deh .. googling2 cari transistor dan tanya sana tanya sini ..
alhasil .. memperoleh petuah .. yaitu menggunakan transistor 2sc1173 (ini sebenarnya transistor buat TV) tidak ada sangkut pautnya sama pemancar .. eh setelah dicoba dari 2sc1971 ke 2sc1173 mengeluarkan daya 4watt .. lumayan lah..
bagi yang belum pernah mencoba ..
saya rasa pantas dicoba ..

Tidak ada komentar: